Jl. Brawijaya No. 1 Pamekasan Jawa Timur
Telp : (0324) 332546
Email : sdialmunawwarahpamekasan@gmail.com
NSS : 104032601053 NPSN : 20526738
Website : http://sdialmunawwarahpmk.sch.id
PROGRAM TAHFIDZ QUR’AN JUZ AMMA
SEKOLAH DASAR ISLAM AL-MUNAWWARAH
A. Latar belakang masalah
Di tengah pesatnya kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi dengan segala efek positif dan negatifnya, makakebutuhan manusia akan masa depannya semakin tidak bisa terbendung. Harapan tumbuhnya sosok pribadi yang beriman, bertaqwa, cerdas, terampil dan mandiri sesuai dengan fitrah kemanusiaannya menjadi harapan ditengah arus peradaban globalisasi yang semakin hari membuat manusia terasing dari jati dirinya sebagai khalifah yang harus membumikan sifat-sifat Allah di muka bumi.
Untuk mewujudkan langkah tersebut perlu dibangun kekuatan dan strategi baru melalui sistem pendidikan yang memungkinkan seseorang dapat mengarahkan dan membentuk hidupnya sesuai dengan ajaran Islam. Pendidikan yang dapat menumbuh kembangkan potensi rabbani seorang manusia adalah pendidikan yang dapat mendekat seorang dengan Al-Qur’an. Hal ini dikarenakan Al-Qur’an merupakan sumber petunjuk dan pedoman (way of life) dalam mencapai kebahagian hidup baik di dunia maupun kelak di akhirat. Terutama dalam dekade terakhir, dimana kaum muslimin, semangat dan keinginan untuk mempelajari Al-Qur’an, semakin hari semakin terkikis oleh merebaknya berbagai budaya dan peradaban yang katanya gaul dan modern padahal justru sesungguhnya, secara tidak langsung telah mengasingkan dirinya dari nilai fitrah kemanusiaannya.
Bertitik tolak dari pradikma sebagaimana tersebut diatas, maka sungguh dianggap perlu untuk diadakan berbagai kegiatan yang bersifat akseleratif dan inovatif yang dapat membangkitkan semangat para remaja untuk kembali gemar membaca dan mempelajari Al-Qur’an sebagai satu-satunya petunjuk hidup. Sebagaimana firman Allah :
Artinya : Al-Qur’an adalah penerangan bagi seluruh manuasia dan petunjuk serta pelajaran bagi orang-orang yang bertaqwa (Qs. Al- Muzammil ayat 4)
Sebagai salah satu lembaga pendidikan yang berorentasi pada penanaman nilai-nilai keislaman, Sekolah Dasar Islam (SDI) Al Munawwarah membuat innuvasi baru dengan program “Menghafal Qur’an juz Amma” dengan harapan program tersebut dapat mengobati kecemasan dan kehawatiran masyarakat terhadap dampak negatif kemajuan ilmu pengetahuan dan tehnologi sehingga secara bersamaan Sekolah Dasar Islam Al Munawwarah betul-betul dapat membentuk anak didik yang akseleratif sesuai dengan dunianya.
Namun seiring perkembangan waktu, para dewan guru (pembimbing) tahfid mengalami berbagai tantangan baru seperti melemahnya semangat anak didik untuk terus menghafalkan Al-Qur’an sehingga tidak jarang kondisi kelas tidak lagi kondusif untuk melakukan kegiatan pembelajaran (bimbingan). Lahirnya masalah baru yang dihadapi para pembimbing tidak membuat mereka patah semangat, melainkan membuat mereka mencoba berbagai cara dan sistem baru sehingga lahirlah metode pembelajaran “Qira’ah, Ziyadah dan Muroja’ah” (QAZMU).
Sejalan dengan adanya inovasi dan perubahan pembelajaran yang dilakukan dewan guru ternyata mempu menumbuhkan semangat dan gairah dalam menghafal, bahkan anak didik semakin termotivasi untuk menambah jumlah hafalannya dan secara bersamaan anak didik dapat mengingat kembali hafalan yang sudah mereka dapat sebelumnya.
B. Waktu dan tempat
1. Waktu pelaksanaan
Waktu yang digunakan untuk kegiatan hifdzil qur’an adalah :
a. Dari pukul 06.50 WIB sampai dengan 07.30 WIB
b. Dari pukul 14.00 WIB samapai dengan 13.10 WIB
2. Tempat kegiatan
Tempat pelaksaan kegiatan di hifdzil qur’an di laksanakan di Sekolah Dasar Islam (SDI) Al Munawwarah
C. Program tahfidz
a. Progran umum di mulai dari kelas 1 sampai dengan kelas 6
b. Program khusus untuk kelas 4 dan kelas 5
c. Program tahqiq wattahsin khusus kls 6
d. Program akselesai kelas bawah
D. Tujuan program
Adapun tujuan utama dari pelaksanaan kegiatan hafidzul Al-Qur’an Sekolah Dasar Islam (SDI) Al Munawwarah adalah :
a. Membangun kecintaan anak-anak terhadap kitab suci Al-Qur’an yang semakin hari semakin terkikis oleh permainan dan budaya modern
b. Meningkatkan kegemaran anak-anak membaca dan mempelajari Al-Qur’an
c. Membuka ruang yang seluas-luasnya pada anak untuk bereksplorasi kemampuan yang Allah berikan pada dirinya.
E. Sasaran Program
Adapun sasaran utama kegiatan hifdzil qur’an Sekolah Dasar Islam Al Munawwarah adalah semua stekholder SDI Al Munawwarah yang meliputi :
a. Guru-guru Sekolah Dasar Islam Al Munawwarah
Guru Sekolah Dasar Islam (SDI) Al Munawwarah yang mampu menghafal juz amma sebanyak 18 orang guru bahkan ada yang lebih.
b. Para siswa dan siswi Sekolah Dasar Islam (SDI) Al Munawwarah
Adapun siswa/siswi kelas 6 yang mampu menyelesaikan hafalan juz amm tahun ajaran 2018-2019 sebanyak 88 orang dengan rincian :
1. Kelas 6 A = 25 orang
2. Kelas 6 B = 27 orang
3. Kelas 6 C = 26 orang
4. Kelas 6 D = 20 orang
F. Metode dan cara cepat menghafal Al-Qur’an
1. Pentingnya memahami dan menghafal Al-Qur’an
Al-Qur’an merupakan kumpulan wahyu Allah yang diturunkan kepada nabi Muhammad secara berangsur-angsur melalui perantara malaikat Jibril. Sebagai seorang mukmin hendaknya berusaha mempelajari dan dan menghafalkannya, karena Al-Qur’an merupakan petunjuk dan pedoman bagi keselamatan hidup manusia baik didunia maupun akhirat.
2. Menyiapkan diri menghafal Al-Qur’an
Beberapa hal yang harus dipersiapkan bila kita hendak mempelajari dan menghafalkan Al-Qur’an adalah :
a. Membangun semangat ta’abbudiyah saat menghafal,
b. Meluruskan niat hanya mengharap ridha Allah
انما الاعمال بالنيات وانما لكل امرء ما نوﯽ فمن كان هجرته اﱃ الله ورسوله فهجرته اﱃ لله ورسوله
c. Mintalah ijin dan do’a kepada orang terdekat (orang atau keluarga seperti suami/istri) (Hr. Bukhari h.607)
جاء رجل اﱃ اﱃ النبي ﻓﺴﺗﺄذنه في الجهاد فقال لااحي والدك قال نعم قال
ففيهما فجاهد
d. Teguhkan Pendirian untuk selalu berada di jalannya
e. Menghafalkan Al-Qur’an harus dilakukanlah dengan disiplin dan kontinyu
f. Tdiak boleh gonta ganti mushaf. Artinya mushaf yang digunan selalu sama dan mudah dibaca
3. Beberapa Langkah mudah Belajar Menghafal Al-Qur’an
Belajar menghafal Al-Qur’an tidaklah sulit seperti yang dibayangkan banyak orang, Allah akan memudahkannya bila kita berusaha untuk memperlajari.
Adapun diantara langkah-langkah yang dapat kita lakukan dalam mempermudah menghafalkan Al-Qur’an adalah :
a. Menghafal Al-Qur’an dalam keadaan bersih dan suci dari hadas
b. Bacalah Al-Qur’an dengan tartil dan berulang ulang-ulang
c. Dianjurkan tidak membaca Al-Qur’an dengan terburu-buru
d. Awali membaca Al-Qur’an dengan kalimat ta’awud
e. Mencari waktu yang tepat untuk menghafal, seperti waktu pagi / sesudah shalat subuh. Mengapa demikian? karena diwaktu itu suplai oksigen ke otak sangat berlimpah sehingga otak memungkinkan untuk menyimpan sesuatu yang baru dengan cepat dan mudah.
f. Hafalkan secara berangsur-angsur, dan bila bertemu dengan ayat panjang maka dapatlah dipotong menjadi beberapa bagian kemudian sambung dari awal sampai akhir.
g. Hafalkan sesuai kemampuannya, artinya janganlah kita menghafal sampai hati dan pikiran mencapai titik jenuh.
h. Membiasakan diri mendengarkan bacaan Al-Qur’an
i. Memilih guru sebagai pembimbing dan menyetorkan ayat yang sudah dihafalkan sebagaimana kata Ali bin Abi Thalib :
لن تنال العلم الا بستة واحده ارشاد استاد
4. Beberapa Cara Memelihara Hafalan Al-Qur’an
a. Meluangkan waktu untuk muraja’ah hafalan yang didapat dengan cara membiasakan diri membacanya seperti sabda nabi :
ان رسول الله قال انما مثل صاحب القرﺃن كمثل احب الابل المعقلة ان عاهد عليها امسكها وان ﺃطلقها ذهبت (رواه البخاري۱٨١٩)
b. Berkumpul dengan teman yang visi misinya sama (sama-sama pencinta Al-Qur’an)
c. Menghafalkan dengan sungguh-sunggguh (Qs. Al-haj 78)
d. Menjaga pandangan dari melihat yang dilarang Allah (Qs. Annur 30);
e. Hindari perbuatan dosa dan maksiyat, karena sesungguhnya perbuatan itu akan menyulitkan diri sendiri seperti firman Allah (Qs. Annisak 111)
f. Jangan menambah hafalan baru sebelum betul-betul dihafal
5. Kebaikan Belajar dan Menghafal Al-Qur’an
Belajar dan menghafal Al-Qur’an akan mendatangkan banyak kebaikan. Diantara kebaikan yang diberikan Allah adalah :
a. Mengundang datangnya berbagai pertolongan Allah
b. Al-Qur’an akan menjadi penolongnya kelak dihari kiamat
(Hr. Muslim. 174) اقرﺆوا القران فانه ﯾﺄتي يوم القيامة شفيعا لاصحابه
c. Akan dipilih Allah menjadi pribadi terbaik
عن عثمان رضي الله عنه عن النبي قال خيركم من تعلم القران وعلمه
d. Sebagai penyejuk dan obat bagi orang mukmin
e. Belajar dan menghafalkan Al-Qur’an, menjadi infestasi kebaikan di dunia dan di akhirat sebagaima sabda nabi yang berbunyi :
من قرﺃ حرفا من كتاب الله فله به حسنة والحسنة بعشر امثالها لااقول الم لااقول الم حرف ولكن اقول الف حرف ولام حرف ةوميم حرف (راه الترمذي)
G. Perjalan Hifdzil Qur’an dari waktu kewaktu
a. Perjalan hifdzil qur’an SDI Al Munawwarah
Program hidzil qur’an juz amma, merupakan salah satu program baru yang dikembangkan di Sekolah Dasar Islam di AlMunawwarah. Program hifdzil qur’an juz amma ini pada awalnya dilakukan secara sporadis dan insidental oleh salah seorang guru pendidikan agama islam. Meskipun demikian ternyata mendapat banyak simpati dari beberapa siswa, hal ini ditandai dengan semakin tingginya minat anak untuk menghafalan Al-Qur’an juz amma.
Melihat tingginya minat serta semangat para siswa dan siswi dalam menghafal, maka pada tahun ajaran 2011-2012, kegiatan menghafal yang hanya dilakukan setiap pagi dengan durasi waktu 45 menit, kemudian oleh kepala sekolah dijadikan program sekolah dengan waktu dan jam khusus. Waktu yang disediakan untuk kegiatan menghafal dilakukan pada sore hari dengan durasi waktu selama tujuh puluh (70) menit, yaitu dari pukul 14. 00 WIB sampai dengan 15. 10 WIB.
Program khusus bimbingan hifdzil qur’an juz amma Sekolah Dasar Islam Al Munawwarah, di lakukan pada anak didik dari kelas empat dan kelas lima. Adapun untuk kelas enam, yang sudah dinyatakan hafidz/hafidah dilakukan program khusus yang disebut tahqiq wattahksin. Karena itu kegiatan hifdzil qur’an dari waktu kewaktu semakin mendapat banyak simpati, baik dari para wali murid maupun dari para siswa dan siswi, hal ini ditandai dengan adanya para hafidz dan hafidzah dimasing-masing kelas. Bahkan tidak sedikit anak yang baru duduk di kelas satu ternyata sudah ada yang mampu menghafal juz amma karena itu perlu dilakukan kelas akselerasi.
b. Prestasi yang pernah dicapai SDI Al Munawwarah
Sejalan dengan inovasi pembelajaran yang dilakukan oleh guru pembimbing, ternyata mempu menumbuhkan semangat dan gairah anak didil dalam menghafal Al-Qur’an, bahkan Anak didik semakin termutivasi untuk menambah jumlah hafalannya.
Disamping itu, tidak sedikit para huffadz Sekolah Dasar Islam Al Munawwarah yang mampu menorehkan prestasi baik di tingkat kecamatan, kabupaten, regional maupun ditingkat Jawa Timur. Dibawah ini sedikit akan ditampilkan beberapa hafidz/hafidhah yang berhasil dalam beberapa kejuaraan.
. No |
Nama hafidz/hafidzah |
Juara |
Tingkat |
Tahun |
1 |
Ach. Faiq |
1 |
Kecamatan |
2016/2017 |
2 |
Faradila Aulia |
4 |
Kecamatan |
2016/2017 |
3 |
Ach. Faiq |
1 |
Kabupaten |
2016/2017 |
4 |
Lutfiana Halida Levy |
3 |
Kabupaten |
2016/2017 |
5 |
Alifa Raisan Nafila |
2 |
Kabupaten |
2016/2017 |
6 |
Ayyash Awad |
3 |
Kabupaten |
2016/2017 |
7 |
Ahmad Nurhasan Mundzir |
3 |
Kabupaten |
2016/2017 |
8 |
Ach. Faiq |
1 |
Kabupaten |
2016/2017 |
9 |
Lutfiana Halida Levy |
2 |
Kabupaten |
2016/2017 |
10 |
Ach. Faiq |
3 |
Kabupaten |
2016/2017 |
11 |
Lutfiana Halida Levy |
2 |
Kabupaten |
2016/2017 |
12 |
Lutfiana Halida Levy |
3 |
Kabupaten |
2017/2018 |
13 |
Ach. Faiq |
1 |
Se-Madura |
2017/2018 |
14 |
Ach. Faiq |
1 |
Kecamatan |
2017/2018 |
15 |
Mahdi Usman |
2 |
Kecamatan |
2017/2018 |
16 |
Jorneta Dwi Faunia Ruslan |
1 |
Kecamatan |
2017/2018 |
17 |
Mahdi Usman |
1 |
Kecamatan |
2017/2018 |
18 |
Muhammad Faza Nur Fahmi |
2 |
Kecamatan |
2017/2018 |
19 |
Muhammad Zaidan |
3 |
Kecamatan |
2017/2018 |
c. Output hafidz/hafidah SDI Al- Munawarah
Berdasarkan data sejarah, program hifdzil qur’an Sekolah Dasar Islam (SDI) Al Munawwarah, berhasil mencetak 85 s/d 90 persen dari populasi siswa kelas enam setiap tahunnya. Dan dengan penuh rasa syukur kepada Allah, hafidz / hafidzah lulusan Sekolah Dasar Islam (SDI) Al Munawwarah berhasil di terima di berbagai lembaga pondok pesantren, baik di Madura maupun kota-kota lain di Jawa Timur. Berikut data yang berhasil dibukukan selama dua tahun terakhir :
No |
Lembaga/pesantren |
Alamat |
Thn Lulus |
Jml Anak |
Ket |
1 |
Ponpes Al- Amin |
Prenduan Sumenep |
|
|
|
2 |
Ponpes Al- Ittihad |
Campong Sampang |
|
|
|
3 |
|
Waru Pamekasan |
|
|
|
4 |
Ponpes Salatiga |
Jawa Tengah |
|
|
|
5 |
Ponpes Al- Izzah |
Kota Batu Malang |
|
|
|
6 |
Ponpes Ar-Rohmah |
Kota Batu Malang |
|
|
|
7 |
Penpes Darut Dakwah |
Kota Malang Jatim |
|
|
|
H. Supervisi dan pengawasan
Untuk menjaga kebersenanmbungan dan optimalisai kegiatan, maka dilakukan kegiatan pengawasan dan supervisi baik yang dilakukan oleh koordinator maupun oleh kepala sekolah. Pengawasan yang dilkukan di Sekolah Dasar Islam (SDI) Al Munawwarah meliputi :
1. Koordinatif, yang dilakukan Setiap tengah semester bersama koordinator tahfidz
2. Evaluatif, yang dilakukan setiap akhir semester baik semester satu dan dua oleh kepala sekolah
Kegiatan pengawasan yang dilakukan baik oleh koordinator maupun oleh kepala sekolah bertujuan untuk :
a. Melihat pencapai target dari masing-masing guru pembimbing
b. Mengetahui kendala yang didapai oleh guru pembimbing di masing-masing kelas
c. Berbagi taktik dan metode dalam melakukan pengelolaan kelas saat menghafal
d. Mengetahui kemampuan anak didik dalam menghafal sehingga bisa dilakukan penambahan hafalan pada juz berikutnya
I. Guru pembimbing
Dewan guru yang terlibat dalam kegiatan hifdzil qur’an Sekolah Dasar Islam (SDI) Al Munawwarah sebanyak 15 orang guru dengan rincian :
No |
NAMA GURU |
KELAS |
JUMLAH SISWA |
KET |
01 |
Ustadza Amalia Rasyid, S. Pd |
4 A |
18 |
|
02 |
Ustad Furqan, S. Pd. I |
4 A |
19 |
|
03 |
Ustadza Roqayyah, S. Si |
4 B |
19 |
|
04 |
Ustadza Ummi, S. Pd. I |
4 B |
19 |
|
05 |
Ustad Lutfi, S. Pd. I |
4 C |
15 |
|
06 |
Ustad Abdul Wahid, S. Pd |
4 C |
14 |
|
07 |
Ustad Fadillah, S. Pd. I |
4 D |
31 |
|
08 |
Ustad Abdul Wasik, S. Ag |
4 E |
28 |
|
09 |
Ustad Abdul Aziz, S. Pd. I |
5 A |
31 |
|
10 |
Ustadza Hajar, S. Pd |
5 B |
15 |
|
11 |
Ustadza Ike suci Wati, S. Pd. I |
5 B |
15 |
|
12 |
Ustad Kusmiyanto, S. Pd. I |
5 C |
13 |
|
13 |
Ustad Mukhlis M.S., S. Pd |
5 C |
14 |
|
14 |
Ustad Mamat, M. Pd |
5 D |
19 |
|
15 |
Ustad Hermato, S. Pd. I |
5 D |
19 |
|
Adapun pembimbing tahqiq wattahsin dilakukan oleh ustad Abdul Aziz, S. Pd. I sedangakan kelas akselerasi diampu oleh ustad Abdul Wasik, S. Ag
J. Penutup
Demikian sekelumit kegiatan hifdzil qur’an yang dilakukab di Sekolah Dasar Islam (SDI) Al Munawwarah, semoga bermanfaat dan menjadi inspirasi dalam meningkatkan iman, ibadah dan ketakwaan kepada Allah SWT.
Pamekasan, 28 September 2018
Kepala sekolah Koordinator tahfidz
Dedeh Rosidah, S. Pd Abdul Wasik, S. Ag
Kiran Kalila Azzahra peraih medali perunggu di bidang English level 3 |
Anela Maheswari, Naura Dewi, dan Samara Wachdin peraih medali perak bidang English level 3 |
Ahmad Hamdan Zulfa peraih medali perak bidang English level 1 |
Quinn Malika Hakim peraih medali perak bidang English level 2 |
Samih Maher Wachdin peraih medali perak bidang English level 1 |
Udhullu Fii Silmi Kaffah peraih medali perunggu bidang English level 1 |